Berlibur ke Pulau Komodo

Sekilas tentang Pulau Komodo
pulau Komodo
Pulau Komodo

Pulau Komodo yang kini telah ditetapkan sebagai bagian dari Taman Nasional Komodo (National Komodo Park) terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan warisan dunia dengan adanya hewan Komodo atau kadal raksasa yang diperkirakan merupakan satu-satunya hewan purba yang masih bertahan mendiami Pulau ini.

pulau Komodo
Komodo
Pulau yang berada di sebelah barat Pulau Sumbawa ini Secara administratif termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat di ujung barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Selain merupakan habitat asli hewan komodo pulau ini juga menyimpan daya tarik wisata lainnya seperti kehidupan biota lautnya yang masih terjaga dan indah dengan pantai pasir putih yang menakjubkan.

Sekilas Tentang Komodo
Komodo (Varanus komodoensis) adalah spesies langka yang hampir punah, hanya dapat Anda temukan di Taman Nasional Komodo. Karena keunikan dan kelangkaannya, Taman Nasional Komodo dinyatakan sebagai a World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO tahun 1986.

Komodo adalah makhluk besar mirip kadal raksasa dengan memiliki panjang 2-3 m dan berat mencapai 165 kg, . Meskipun penampilannya menyeramkan, komodo bukanlah hewan pemburu yang aktif, mereka merupakan predator yang sabar. Di alam liar, komodo biasanya memburu mangsa yang lemah atau sudah terluka. Mereka hanya butuh satu gigitan untuk melumpuhkan mangsanya. Setelah mengintai mangsanya, terkadang hingga berhari-hari, komodo akan memakan mangsanya yang tengah sekarat.
komodo dragon
komodo
Meski besar ukurannya, bersisik, berkuku tajam, lidah menjulur bercabang dua, serta bentuknya yang purba hinga terkenal juga dengan sebutan komodo dragontetapi Anda tidak perlu takut melihatnya seseram itu karena setiap pengunjung termasuk Anda yang ingin melihat hewan ini akan ditemani jagawana yang sekaligus sebagai pawang. Anda tinggal mematuhi saja semua petunjuk dan saran pemandu berpengalaman ini.

Objek Wisata di Pulau Komodo

Setidaknya 2500 ekor komodo hidup di wilayah ini. Komodo berukuran besar biasanya memiliki panjang 3 m dan berat 90 kg. Habitat komodo adalah alam terbuka dengan padang rumput savanna, hutan hujan, pantai berpasir putih, batu karang, dan pantai yang airnya jernih. Di kawasan ini, Anda juga dapat menemukan kuda, banteng liar, rusa, babi hutan jantan, ular, kera, dan berbagai jenis burung.
komodo island
Komodo Island

Taman Nasional Komodo Juga memiliki biota bawah laut yang menakjubkan anda dapat berjemur di pantai putih, menyelam (diving ) dan snorkling untuk melihat terumbu karang dan biota laut yang menakjubkan. perairan Komodo adalah salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Memiliki pemandangan bawah laut yang memukau. Anda dapat menemukan 385 spesies karang yang indah, hutan mangrove, dan rumput laut sebagai rumah bagi ribuan spesies ikan, 70 jenis bunga karang, 10 jenis lumba-lumba, 6 macam paus, penyu hijau, dan berbagai jenis hiu dan ikan pari.

Akomodasi, Hotel dan Penginapan di Pulau Komodo
Di Pulau ini belum terdapat hotel dan masih dalam tahap pembangunan namun anda dapat memanfaatkan beragam fasilitas menginap dan hotel disekitar taman nasiona komodo yang umumnya sudah tersedia gotel, cottage dan resort.
Anda juga dapat memanfaatkan rumah - rumah penjaga dan pawang komodo sebagai tempat beristirahat dan tentunya tempat ini lebih aman.

untuk perjalanan selama di pulau komodo anda memang dituntut memiliki stamina yang kuat karena untuk menemukan komodo di habitata aslinya anda diharuskan berjalan kaki dan mendaki gunung. namun untuk menikmati keindahan alam dan pantai telah tersedia beragam jenis perahu motor yang juga dapat disewa dan dijadikan sebagai penginapan saat menjelang malam.


Transportasi menuju Pulau Komodo
Untuk jalur udara Tersedia penerbangan setiap hari dan untuk tujuan Bali-Labuan Bajo atau Bandara Pulau Komodo-Bali dengan perjalan sekita 1,5jam.
Jalur Laut tersedia Perahu motor yang menghubungkan antarpulau dari Sape di Nusa Tenggara Barat juga tersedia setiap harinya bila cuaca memungkinkan, atau kapal PELNI dari Bali dan Lombok berhenti di sini setiap dua minggu.

Transportasi darat dari Timur yaitu di dataran utama Flores seperti, Ruteng, Bajawa, Ende, dan Maumere juga tersedia. Jika Anda tertarik untuk melakukan perjalanan jauh di Flores, Anda dapat mulai dari Maumere ke barat seperti, Moni, Kelimutu, Ende, Bena, Bajawa, Ruteng, dan terakhir Labuan Bajo (Pulau Komodo) atau dengan perjalanan pulang pergi.


CinderaMata / oleh - oleh dari Pulau Komodo
terdapat toko-toko cendera mata yang menjual kaos dengan gambar komodo dan patung kayu komodo. Jangan Kuatir kualitasnya sangat baik.

Tips Berwisata di Pulau Komodo
  • Jangan pergi sendirian. Lebih baik pergi bersama pemandu wisata atau petugas taman.
  • Jangan mengganggu atau memberi makan komodo. Meskipun gerakannya lambat dan malas, hewan ini dapat tiba-tiba menjadi agresif dan bergerak dengan cepat.
  • Ketika melakukan trekking, bawalah tongkat yang bercabang dua. Komodo biasanya takut jika digertak dengan tongkat.
  • Bawalah obat nyamuk atau gunakan lotion anti nyamuk.
  • Kebanyakan tempat di Pulau Komodo dan Rinca adalah padang rumput savanna yang mudah terbakar pada saat musim kemarau, jadi dilarang merokok dan menyalakan api.
  • Pakailah sepatu. Pulau Komodo, Rinca, dan Pidar memiliki 12 jenis ular dan 3 diantaranya beracun, contohnya ular hijau yang hidup di pohon, kobra, dan russel’s viper yang hidup di lubang tanah padang rumput savanna.
  • Wanita yang sedang menstruasi harus melapor pada pemandu atau petugas pulau agar lebih diperhatikan. Komodo memiliki indra penciuman yang tajam dan dapat menjadi agresif jika mencium bau darah.

itulah sekilas tentang pulau komodo