-->
Info Tempat Wisata

Tempat Wisata di Banten

Sekilas Tentang Banten

Banten adalah salah satu Provinsi termuda di Indonesia yang merupakan pemekaran dari Provinsi Jawa Barat. letaknya merupakan ujung barat pulau jawa dengan batas wilayah sebelah utara berbatasan dengan laut Jawa. Sebelah Timur berbatasan dengan Jakarta serta Provinsi Jawa Barat, Sebelah Barat dengan Selat Sunda serta Sebelah selatan dengan samudera Indonesia. dengan Kota Serang sebagai Ibu Kotanya.

wisata pantai anyer banten
Pantai Anyer Banten

Banten merupakan wilayah stategis karena terdapat diwilayah penghubung antara pulau jawa dan pulau sumatera dengan pelabuhan merak sebagai pelabuhan padat dan salah satu tersibuk di indonesia.

Budaya Banten yang sebagian besar merupakan suku sunda yang telah berbaur dengan budaya Jakarta karena merupakan daerah penyangga ibu Kota ini memiliki. Unit pemerintahan dibagi atas 4 kabupaten dan 4 kota : Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Cilegon, Kota Serang dan Kota Tangerang Selatan. Masing-masing wilayah memiliki karakteristik sumber daya pariwisata budaya, alam, buatan dan kehidupan masyarakat tradisional (living culture) yang berkembang sebagai destinasi wisata berskala nasional bahkan internasional seperti Pesona Pantai Anyer, Carita & Tanjung Lesung, wisata bahari Pulau Umang, Taman Nasional Ujung Kulon, wisata Religi Banten Lama dan keunikan Masyarakat Tradisional Baduy.

Tempat Wisata Unggulan di Provinsi Banten

Letaknya yang strategis ini merupakan salah satu Potensi Wisata di Banten Yang tak terhingga nilainya. berikut beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi di Banten:

Gunung krakatau
Gunung yang pernah meletus dengan dahsyat pada tahun 1883 Dimana efek dari letusan gunung itu bisa terasa sampai kawasan eropa. Dan suara letusannya terdengar sampai benua australia. Ya, itulah sebuah gunung yang terletak di perairan selat sunda yaitu gunung krakatau. Ledakan gunung krakatau pada tahun 1883 memang menjadi saksi bisu dahsyatnya bencana di kawasan ini.

tempat wisata gunung krakatau
Gunung Krakatau

Tapi sekarang gunung krakatau ini telah menjadi sebuah tempat wisata untuk para pecinta petualang. Tempat wisata ini sangat menjadi favorit bagi para wisatawan asing. Karena keunikannya dan tantangan yang ditawarkan oleh gunung krakatau ini. Setelah letusan pada tahun 1883 itu pula, gunung krakatau ini sekarang mumunculkan gunung baru lagu yang disebut gunung anak krakatau. Gunung anak krakatau ini juga masih akitf sampai sekarang, dan menjadi tempat wisata juga di perairan selat sunda. Maka cocoklah wisata gunung krakatau ini untuk para pecinta petualang.

Taman nasional ujung kulon
merupakan salah satu taman nasional dan konservasi alam di indonesia terdiri dari bebarapa pulau kecil yang menjadi habitat para satwa. Dan yang menjadi primadona di taman ini adalah badak bercula satu. Hewan langka yang sekarang habitatnya sangat dilindungi oleh negara. disekitarnya terdapat pulau-pulau kecil yang eksoti seperti pulau peucang, pulau handeuleum, dan dan pulau panaitan. Untuk mencapai lokasi taman nasional ini, kita bisa mengunakan perahu dari daerah labuan. Dan di pulau ini juga sudah terdapat penginapan, saran komunikasi, dan berbagai macam fasilitas yang memang disediakan untuk para wisatawan yang mengunjungi pulau ini.

Pantai Anyer
Keberadaannya sebagai salah satu dari Seven Wonders of Banten (Tujuh Keajaiban Banten) dan lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, membuat kawasan ini menjelma sebagai salah satu obyek wisata favorit saat ini.

Masjid agung banten
sebuah tempat wisata Religi da ziarah yang terletak di banten lama. Sebuah masjid tua yang menjadi saksi sejarah provinsi banten yang merupakan sisa-sisa kerajaan islam yang ada di banten dulu. Selain itu, di sekitar masjid agung banten ini juga terdapat makam-makam para tokoh agama dan pejuang dulu.

masjid ageng banten
Masjid Agung Banten

Perkampungan suku baduy
sebuah perkampungan suku asli yang sudah bertahun - tahun tinggal di banten. Suku ini biasa disebut suku baduy. Dan perkampungan suku baduy inilah yang sering menjadi tempat wisata pagi para pelancong yang mengunjungi provinsi banten. Suku baduy ini masih sangat menjaga adat istiadat dan kebudayaannya.
suku baduy banten
Perkampungan suku banten
Kemurnian budaya dan adat istiadat baduy ini menjadi sesuatu yang unik. Dan menarik minat para wisatawan untuk mengunjunginya. Kawasan wisata yang terletak di kabupaten pandeglang ini juga merupakan tempat wisata yang cocok untuk para pelajar. Karena kita bisa berlibur sambil mempelajari adat istiadat suku baduy ini.


logo banten
Logo banten

Silakan Share / Bagikan melalui media sosial dibawah ini :