-->
Info Tempat Wisata

Obyek Wisata Semarang

Panduan Wisata Semarang dan Sekitarnya

lawang sewu tempat wisata semarang
lawang sewu tempat wisata di semarang
Sekilas tentang Semarang dan sejarahnya
Semarang adalah Ibu Kota dari Provinsi jawa tengah, indonesia. terletak disebelah utara provinsi ini merupakan sebuah kota pelabuhan utara di pesisir utara pulau jawa.
Semarang merupakan salah satu kota terbesar di indonesia setelah jakarta, bandung dan surabaya. Kota metroplis ini merupakan daerah strategis di pulau jawa dengan berbagai suku bangsa yang membuat semarang semakin unik.
logo semarang
Logo semarang
Bagian utara yang merupakan pesisir menyimpan keindahan alam berupa pantai yang landai dan ombak bersahabat, sedangkan kearah selatan merupakan dataran tinggi yang kaya akan sejarah dan budaya dari beberapa zaman, mulai dari zaman kerajaan dengan adanya banyak candi yang layak untuk dikunjungi, jaman kolonial menyisakan bangunan tua bersejarah yang hingga kini masih tetap dilestarikan. hingga zaman modern.

Daftar Tempat Wisata di Semarang
Berikut Lokasi Wisata Semarang yang terkenal dan wajib di kunjungi
Wisata Alam di Semarang

Air Terjun Kali Pancur
Obyek Wisata Kawasan wisata alam Air Terjun Kali Pancur ini berada di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, sekitar 14 km sebelah barat Kota Salatiga. Untuk menuju ke lokasi obyek wisata ini tidak ada sarana transportasi umum, jadi harus membawa kendaraan sendiri. Jika terpaksa harus naek kendaraan umum bisa dapat mengambil jurusan Kopeng Salatiga dan jika telah sampai di Desa Wates Kec. Getasan lantas jalan kaki atau dengan naik ojek…

Rawa Pening
Rawa Pening adalah danau sekaligus tempat wisata air dengan luas 2.670 ha terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Rawa Pening ini berada di antara cekungan lembah Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, dan Gunung Ungaran. Daya tarik yang ada di Rawa Pening: Wisata Tirta: dengan perahu tradisional, Spot menarik untuk hobi memancing serta Penghasil enceng gondok sebagai bahan kerajinan.

rawa pening

Kawasan Wana Wisata Penggaron
Obyek Wisata Kawasan Wisata Penggaron Terletak di wilayah Kabupaten semarang, Wana Wisata ini adalah salah satu hutan binaan Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata, Benih dan Usaha Lain (KBM WBU I) Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah. berbagai kegiatan bisa dilakukan di tempat seperti berkemah dan wisata keluarga lainya.

Kawasan Wisata Umbul Sidomukti
Wisata Alam Pegunungan di Semarang yang sangat populer terletak Desa Sidomukti Kabupaten Semarang.  Kawasan ini cocok untuk liburan keluarga dengan tersedianya berbagai fasilitas seperti:  Out bound Training, Adrenalin Games, Taman Renang Alam, Camping Ground, Pondok Wisata, Pondok Lesehan, Meeting Room.

Taman Margasatwa Bonbin Semarang
Obyek Wisata Kebun Binatang Semarang atau lebih dikenal dengan nama Bonbin Semarang pertama berada di tempat yang sekarang menjadi kawasan Taman Budaya Raden Saleh dan Wonderia. Lalu pada tahun 1985 Bonbin Semarang direlokasi ke daerah Tinjomoyo. Dan pada tanggal 28 Februari 2007 Bonbin Semarang pindah lagi menempati areal baru di daerah Mangkang, tepatnya di Jl. Walisongo KM 16, seberang Terminal Mangkang.

selain yang disebutkan diatas juga terdapat berbagai wisata alam yang dapat dijumpai di semarang seperti Curug Benowo.

Wisata Religi & Bangunan Kuno Bersejarah di Semarang

Lawang Sewu
Bangunan ini dijuluki Lawang Sewu ( pintu seribu ) karena memiliki banyak pintu disamping busur – busur yang mengesankan rongga, yang memenuhi facade bangunan ini.

Pagoda Buddhagaya Watugong
Museum Rekor Indonesia Pagoda menetapkan Avalokitesvara di Vihara Buddhagaya Watugong, sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. bangunan setinggi 45 meter itu terdiri dari tujuh tingkat ini merupakan Vihara pertama di Indonesia setelah keruntuhan kerajaan Majapahit.

Masjid Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah ini terletak di jalan Gajah Raya, seluas 10 ha dan mampu menampung jamaah lebih kurang 13.000 orang. bangunan Masjid ini juga memiliki fasilitas lengkap seperti : ruang kantor, perpustakaan, ruang akad nikah,  ruang kursus dan pelatihan, serta auditorium.

Klenteng Sam Poo Kong
Obyek Wisata Komplek Klenteng Sam po Kong Gedung batu terdiri atas sejumlah anjungan. Bangunan pemujaan utama ialah Klenteng Besar dan gua Sam Po Kong, Klenteng Tho Tee Kong : tempat – tempat pemujaan Kyai Juru Mudi, Kayai Jangkar, Kyai Cundrik Bumi dan mbah Kyai Tumpeng. Klenteng Besar dan gua merupakan bangunan yang paling penting di antara semuanya , dan merupakan pusat seluruh kegiatan pemujaan di komplek tersebut.

Kelenteng Tay Kak Sie
terletak di Jalan Gang Lombok No 62 Pecinan Semarang, didirikan pada tahun 1746.  Klenteng ini menjadi salah satu obyek wisata religi di Kota Semarang yang sangat populer.

Gereja Blenduk
Gereja yang dibangun pada 1753 ini merupakan salah satu landmark di kota lama. Berbeda dari bangunan lain di Kota Lama yang pada umumnya memagari jalan dan tidak menonjolkan bentuk, gedung yang bergaya Neo-Klasik ini justru tampil kontras. Bentuknya lebih menonjol . Lokasi bangunan ini frontal terhadap Jl. Suari yang dahulu bernama Kerk straat (Jalan Gereja). Bangunan gereja yang sekarang merupakan bangunan setangkup dengan facade tunggal…

Wisata Candi

Candi Gedong Songo
Tempat Wisata ini berada di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Candi Gedongsongo,  Kabupaten Semarang,  kompleks candi ini  diperkirakan dibangun pada abad ke-9 Masehi. Istilah kata Gedong Songo sendiri berasal dari bahasa Jawa, yang berarti sembilan bangunan.

Candi Tugu
Menurut sejarah candi ini merupakan batas antara kerajaan Majapahit dan Pajajaran. Obyek Wisata Candi Tugu terletak di Jalan Mangkang KM 11, Semarang.

Wisata Museum di semarang
Berikut musium - museum yang ada di semarang
  • Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah
  • Museum Jamu Nyonya Meneer
  • MURI Museum Rekor Dunia Indonesia
  • Museum Ronggowarsito
  • Museum Mandala Bhakti

Wisata Pantai di Semarang
  • Pantai Marina
  • Pantai Maron
  • Pantai Tirang
Hotel Semarang
Sebagai pelengkap kegiatan wisata semarang tentunya memiliki banyak pilihan menginap, mulai dari penginapan murah di semarang sampai hotel berbintang tersedia di semarang. anda juga dapat memilih hotel murah di pinggir kota untuk menghemat biaya perjalanan wisata anda.
Silakan Share / Bagikan melalui media sosial dibawah ini :