-->
Info Tempat Wisata

Tempat Wisata di Aceh

Obyek Wisata di Aceh / Nangroe Aceh Darussalam / Daerah Istimewa Aceh

Mesjid Raya Biturrahman di Banda Aceh

Sekilas tentang Aceh

Aceh adalah salah satu provinsi di Indonesia terletak di ujung pulau sumatera. aceh dikenal juga dengan sebutan Nangroe Aceh Darussalam atau Daerah Istimewa Aceh memiliki latar belakang sejarah yang kuat terhadap perkembangan Islam di Indonesia dan juga sejarah perjuangan bangsa indonesia untuk itulah Aceh dijadikan daerah dengan Otonomi Khusus atau Daerah Istimewa, yaitu satu - satunya wilayah di Indonesia yang menjalankan hukum berdasarkan Syariat Islam.

Aceh disebut juga Tanah Rencong karena memiliki senjata tradisional yang khas, bentuknya seperti huruf L, yang sering dikaitkan sebagai warisan budaya islam karena jika bentuknya dilihat lebih dekat maka akan berbentuk kalimat "bismillah".

Aceh merupakan wilayah paling barat di Indonesia Dengan Ibu Kota Banda Aceh dan batas wilayah sebagai berikut sebelah utara dengan Teluk Benggala, Samudra Hindia di sebelah barat, batas sebelah timur aceh adalah Selat Malaka dan Sumatera Utara adalah batas aceh di sebelah tenggara dan selatan.

Tempat Wisata di Aceh
Aceh adalah daerah yang indah dengan kebudayaan Islam yang sangat kental hingga sering disebut serambi mekkah. Aceh yang indah ini perna terkena Bencana alam yang dahsyat yaitu Tsunami Aceh pada Tahun 2004, sejak saat itu banyak tempat wisata yang hancur, namun kini Aceh sudah berbenah dan siap kembali menjadi Primadona wisata di Indonesia bahkan di dunia. berikut tempat- tempat / obyek wisata yang wajib dikunjungi di aceh:

Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Agung nan megah yang diperkirakan berusia 130 tahun (berdiri tahun 1621) adalah satu - satunya bangunan yang tidak hancur saat terjadi Tsunami Aceh tahun 2004, terletak di pusat kota Banda Aceh. memiliki menara setinggi 35 m, 7 kubah besar dan 7 menara masjid,

Pulau Weh
merupakan salah satu pulau paling utara di Indonesia ini terletak di sabang di ujung utara Aceh . Pulau yang indah dengan terumbu karang yang masih alami dan hidup, pulau yang jarang tersentuh manusia ini memiliki kekayaan alam dan keindahan yang unik, hal yang bisa dilakukan disini adalah memancing, menyelam, snorkeling, dan tentu saja menikmati Indahnya pantai.

Taman Nasional Gunung Leuser
Kawasan Pelestarian Alam ini terletak di dua provinsi yaitu Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. dengan hutan yang dominannya berada di Aceh Timur, merupakan Taman yang khusus melestarikan beberapa hewan langkan yang tersebar di wilayah ini. memiliki keindahan alam dan sangat cocok untuk merreka yang hobi mendaki gunung karena ini adalah salah satu gunung pavotite para pendaki.

Pantai Lampuuk
berada di Aceh besar atau sekitar 45km dari ibu kotas Banda Aceh. Pantai ini sangat inda untuk dikinjungi dan menawarkan berbagai kegiatan lib uran keluarga, beragam fasilitas terus dikembangkan disini.

Pantai Iboih ( Sabang )
terletak di Pulau Sabang, Setidaknya setiap warga indonesia pernah mendengar kata sabang, ya kota ini sering disebut dalam salah satu lagu nasional.
daerah ini sangat indah terutama alam bawah lautnya, disini terdapat banyak diving site sehingga memudahkan ada jika ingin menikmati keindahan lau Iboih.

pantai boih sabang aceh

Danau Laut Tawar
Adalash danau alam yang terletak di dataran tinggi Gayo, aceh tengah. Warga menyebutnya sebagai danau air tawar / laut air tawar karena terlihat seperti laut namun berair tawar. daerah ini sangat sejuk dan menawarkan keindahan alam yang masih alami. Kegiatan yang bisa dilakukan disi adalah berperahu, memancing dan wisata keluargfa lainnya.

danau laut tawar aceh

Museum Tsunami Aceh
Ini adalah museum yang dibangun untuk mengenang betapa dahsyatnya Tsunami Aceh. Terletak di Jalan Iskandar Muda, Banda Aceh. Dengan Arsitektur yang menggambarkan budaya aceh yang religius cukup membuat kita betah berada disini. digedung ini terdapat ruangan simulasi gempa, anda bisa mencoba merasakan gempa dengan berbagai skala disini.

Beberapa tempat wisata yang dapat ditemui di aceh

Wisata Alam dan Pantai di Aceh
  • Sungai Alas
  • Air Terjun Blang Kolam
  • Pantan terong
  • Takengon
  • Pantai Gapang
  • Benteng Indra Patra
  • Gunung Selawah Agam
  • Pantai Sumur Tiga
  • pantai lhoknga
  • Air Terjun Suhom, Lhoong ( Aceh Besar )
  • Cut Nya Dien House
  • guha tujoh laweung

Tempat Bersejarah di Aceh
  • Indonesian Airline Monument. Seulawah-Indonesian First Airplane
  • Tsunami Monument & Garden
  • Museum Aceh
  • Taman Putroe Phang
  • Kuburan Kerkhoff
  • Danau Laut Tawar
  • Danau Aneuk Laot
  • makam teuku umar
  • makam sultan iskandar muda
  • wisata bahari pulau rubia
  • tugu nol kilo meter sabang

Akomodasi, Transportasi, Hotel dan Penginapan Di Aceh

Aceh bisa di Jangkau dengan pesawat terbang, setiap harinya terdapat penerbangan yang langsung menuju aceh, atau medan. jika berabgkat dari jakarta maka dari bandara soekarno - hatta hanya sekitar 2,5jam perjalanan, sedangkan dari medan memerlukan waktu sekitar 45menit. Semua sarana transportasi telah berkembah di Aceh mulai dari Angkutan udara, darat dan laut.

Hotel dan Penginapan
Aceh cukup ketat dalam menerapkan syariat islam tak terkecuali untuk para pendatang, jika anda ingin menginap di hotel bersama pasangan maka persiapkan dokumen yg menyatakan anda pasangan yang sah.
Banyak terdapat penginapan untuk para wisatawan, mulai dari pengina[an dan hotel murah sampai hotel berbintang.

Wisata Kuliner
Sambil menikmati keindahan Alasm aceh kita dapat mencari makanan khas aceh seperti imphan, gulai itik, kari kambing yang lezat, gulai pliek u dan meuseukat yang langka. Di samping itu emping melinjo asal kabupaten Pidie yang terkenal gurih, dodol sabang yang dibuat dengan aneka rasa, ketan durian (boh drien ngon bu leukat), serta bolu manis asal Peukan Bada.

Cinderamata / Oleh - oleh khas Aceh
Rencong - Senjata tradisional aceh ini adalah cindramata khas dari aceh
rencong aceh
Rencong Aceh
Tips Berwisata ke Aceh
Aceh cukup ketat dalam menerapkan syariat islam tak terkecuali untuk para pendatang, jika anda ingin menginap di hotel bersama pasangan maka persiapkan dokumen yg menyatakan anda pasangan yang sah.

Jika ada hal yang kurang silakan berpartisipasi dengan mengirimkan komentar dibawah artikel ini.
Silakan Share / Bagikan melalui media sosial dibawah ini :