Panduan Wisata Gunung Tangkuban Parahu

Panduan Wisata Gunung Tangkuban Parahu

Panduan Wisata ke Gunung Tangkuban Parahu
Gunung Tangkuba Parahu
Sekilas tentang Gunung Tangkuban Parahu
Gunung Tangkuban Parahu atau Gunung Tangkuban Perahu yang dalam bahasa sunda berarti gunung terbalik karena bentuknya yang jika dilihat dari jauh seperti perahu terbalik dan erat kaitanya dengan cerita legenda sunda sangkuriang. Secara administratif terletak di kabupaten Subang, Jawa barat, indonesia. Namun karena letaknya yang hanya 20km dari pusat kota bandung ke arah utara maka orang sering menganggap dan menyebutnya sebagai objek wisata gunung tangkuban parahu Bandung.

Status Gunung Tangkuban Parahu ini termasuk gunung api aktif, Kawahnya yang sering mengeluarkan bau belerang yang menyengat dan terdapat sumber air panas di sekitar kaki gunungnya adalah ciri - ciri gunung ini masih aktif.

Dengan Ketinggian 2.084 meter diatas permukaan laut dan besuhu sejuk dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya membuat gunung ini merupakan daerah tujuan wisata menarik di Jawa Barat.

Legenda Sangkuriang dan Gunung tangkuban Parahu
Cerita sunda Dongeng Asal-usul Gunung Tangkuban Parahu erat kaitanya dengan legenda Sangkuriang, yang dikisahkan jatuh cinta kepada ibunya, Dayang Sumbi. Untuk menggagalkan niat anaknya menikahinya, Dayang Sumbi mengajukan syarat supaya Sangkuriang membuat danau lengkap dengan perahu dalam semalam. Sangkuriang yang gagal karena kehabisan waktu kemudian menendang perahu tersebut hingga melayang jauh dan terbalik. Perahu terbalik tersebut tertelungkup, yang dalam bahasa Sunda disebut tangkub, Perahu inilah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Parahu. sehingga sampai saat ini disebut Tangkuban Parahu.

Akomodasi, transportasi, Penginapan, dan Hotel di Gunung Tangkuban Parahu

Rute dan transportasi menuju tangkuban parahu
Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi berasal dari arah Jakarta Rute jalan menuju kawasan obyek wisata Gunung Tangkuban perahu adalah melewati pintu tol Pasteur, dilanjutkan ke Jl. Dr. Djunjunan - lanjut ke Pasirkaliki - melewati Sukajadi - Setiabudi - Lembang lalu sampai ke lokasi Tangkuban parahu.
Jika Anda menggunakan Angkutan umum makan Angkot adalah sarana yang mudah anda bisa menggunakan rute menuju lembang dan dari sini banyak Pilihaan transportasi menuju lokasi.

Penginapan dan Hotel di Tangkuban Parahu
Jaraknya yang sangat dekat dengan bandung maka untuk menginap di Bandung tersedia banyak hotel, mulai dari hotel melati sampai hotel berbintang. Tapi jika Anda berniat untuk tinggal lebih lama dekat Tangkuban Parahu, disarankan untuk memilih hotel di sekitar Lembang (bagian Utara Bandung) dan nikmati pemandangan pinggir kota sambil menghirup udara sejuk dan bersih yang sulit didapatkan di kota.

Kuliner dan tempat Makan
Disekitar area lokasi banyak menjajakan minuman hangat seperti bandrek dan bajigur cocok untuk hawa dingin daearah ini.
Restoran dan warung tersebar di sekitar Tangkuban Parahu. Namun jika Anda menginginkan suasana yang berbeda ada banyak tempat makan di sekitar Lembang yang menawarkan berbagai macam fasilitas dan jenis makanan.

Obyek Wisata Gunung Tangkuban Parahu
Tangkuban Perahu menawarkan banyak tempat untuk dilihat dan jelajah. Kita dapat menuruni lembah ke kawah, menjelajahi hutan di sekelilingnya atau hanya sekadar menikmati panorama indah kawah Tangkuban Perahu. Gunung Tangkuban parahu ini memiliki 9 Kawah yang tersebar di sekitar puncak gunung dengan tiga kawah besaru yang sering dikunjungi oleh wisatawan yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas. Kawah lainya letaknya saling berdekatan dan semuanya sudah diberi nama yaitu kawah Baru, Lanang, Ecoma, Juriq, Siluman, Jarian, dan Pangguyangan Badak. Kawah-kawah itu semuanya mengeluarkan asap belerang yang menguap keluar dari sela-sela bebatuan yang berada di bagian bawah kawah itu.

Kawah Ratu
Kawah ratu tangkuban perahu
Kawah Ratu Tangkuban Parahu
Kawah ratu merupakan area pertama yang akan kita jumpai saat berwisata / berlibur ke sini. bentuknya seperti mangkuk raksasa yang besar dan dalam, lalu ada uang belerang yang terus keluar dari mulut kawah. Kawah Ratu merupakan kawah terbesar dari dunung ini dan bersebelahan dengan Kawah Upas. spot menarik untuk yang hobi fotografi.

Kawah Upas
Kawah upas tangkuban perahu
Kawah upas Tangkuban Parahu
Kawah Upas bentuknya cukup dangkal dan datar pada bagian bawahnya sehingga banyak ditumbuhi pepohonan liar. Foto prewedding bisa diambil dengan latar kawah yang indah. Untuk mencapai area ini pengunjungn dapat menuruni tangga yang sudah disediakan

Kawah Domas
kawah domas tangkuban perahu
Kawah Domas Tangkuban Parahu

Kawah Domas bentuknya cekungan yang mengeluarkan sumber air panas yang bisa dimanfaatkan untuk membasuh badan karena belerangnya dapat menyembuhkan jenis penyakit kulit. bahkan pengunjung bisa mencoba merebus telur diarea kawah ini

Air Keramat Cikahuripan. Sumber mata air yang konon katanya memiliki khasiat tertentu, namun tempat ini agak terpencil dan sangat sepi. berlokasi tidak jauh dari kawah upas.

Tips Berlibur ke Gunung Tangkuban Parahu
  • Waktu yang tepat untuk berwisata ke tangkuban parahu adalah pagi hari, karena kalau siang udara disekitar kawah bisa sangat terik dan kabut mulai turun menutupi keindahannya.
  • Sediakan masker atau sapu tangan untuk menutupi hidung karena bau gas sulfur di sekitar kawah sangat menyengat.
  • Bawalah jaket atau sweater untuk menghindari udara dingin. Payung pun dapat berguna untuk mengurangi sengatan matahari yang terik.
  • Berhati - hatilah dengan pedagang dan jangan sungkan untuk menolak jajanan yang ditawarkan jika anda tidak menyukainya.

harga tiket masuk Gunung tangkuban parahu
Rp. 8000/orang

oleh - oleh cinderama khas tangkuban perahu
jika berkunjung pada bulan april dan agustus akan ada penjual Ada bunga edelweis
Banyak penjual aneka khas seperti baju dan pakaian khas distro bandung dengan tema tangkuban perahu dengan harga terjangkau
Suka / Bagikan :
iklan akan tampil disini