-->
Info Tempat Wisata

Berwisata Ke Raja Ampat, Papua Barat

Sekilas Tentang Raja Ampat
kepulauan raja ampat
kepulauan raja ampat

Raja Ampat merupakan sebuah kabupaten di provinsi Papua Barat, Indonesia. dengan Ibukotanya terletak di Waisai.
Kabupaten Raja Ampat terdiri dari 610 pulau dengan hanya 35 pulau berpenghuni serta Ada Empat pulau terbesar yakni Pulau Misool, Salawati, Batanta dan Waigeo, sedangkan pulau lainnya tidak berpenghuni dan sebagian besar belum memiliki nama.
kepulauan ini terkenal karena keindahan bawah lautnya yang diklaim sebagai yang terbaik di dunia, setiap tahunnya ribuan turis datang liburan ketempat ini untuk melakukan ekspedisi laut seperti menyelam ( diving ) dan snorkling.
hampir setiap jengkal raja ampat adalah daerah wisata bahari yang elok tidak kalah indah dengan morotai dan bali

Objek Wisata Raja Ampat

Menyelam di kepulauan Raja Ampat
dive di raja ampat
menyelam di raja Ampat
Kepulauan Raja Ampat telah terkenal keseluruh dunia karena keindahan bawah lautnya. tur Anda akan dimulai dengan menyelam di bawah lautnya yang paling indah di dunia. Di sinilah rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Kekayaan biota ini telah menjadikan Raja Ampat sebagai perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia. Bahkan, menurut laporan The Nature Conservancy dan Conservation International, ada sekitar 75% spesies laut dunia tinggal di pulau yang menakjubkan ini.

Berkeliling Raja Ampat

raja ampat papua indonesia

anda dapat berkeliling menikmati keindahan kepulauan raja ampat anda bisa menyewa speedboat atau perahu mesian dengan biaya yang terjangkau, jangan lupa untuk mempersiapkan kamera anda untuk mengabadikan moment indah di raja ampat.

tempat wisata raja ampat

Akomodasi, Transportasi, penginapan dan Hotel di Raja Ampat
Sebagai daerah kepulauan, satu-satunya transportasi antar pulau dan penunjang kegiatan masyarakat Raja Ampat adalah angkutan laut.

Bila menggunakan pesawat udara, lebih dulu menuju Kota Sorong. Setelah itu, dari Sorong perjalanan ke Waisai dilanjutkan dengan transportasi laut. hampir setiap hari ada perusahaan penerbangan melayani rute raja ampat, seperti Merpati, Express Air, Batavia Air, Lion Air, Wings Air, Silk Air, dan Garuda Indonesia

selanjutnya untuk perjalanan laut tersedia feri yang berangkat setiap hari dari Sorong ke Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat di Pulau Waigeo. Feri berangkat dari Sorong pada pukul 13.00, perjalanan dari Sorong ke Waisai memakan waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam. Feri kembali ke Sorong dari Waisai sekitar pukul 11.00 pagi. Di Sorong juga tersedia speedboat untuk disewakan.


Resort dan Hotel di Raja Ampat
Meskipun Raja Ampat tidak terlalu ramai tetapi sudah ada hotel dan rumah sewaan di Saonek, Mansuar, dan pulau-pulau Yenwaupnor, beberapa alternatif yang bisa anda jadikan tempat penginapan di Raja Ampat diantanyanya adalah
  1. Sorido Bay Resort yang terkenal dengan terumbu karangnya
  2. Kri Eco Resort, resor tradisional yang dibangun di atas air
  3. Perkemahan pulau
  4. Boathouse atau rumah perahu (banyak agen perjalanan wisata yang menyediakan jasa ini)
selain itu beberapa hotel dan penginapan sampai saat ini masih terus dibangun dan dikembangkan

Souvenir dari raja Ampat
sEbagai daerah tujuan wisata, Raja ampat juga memiliki cinderamata / oleh-oleh khas antara lain: Patung suku Asmat, Kain tradisional, Alat musik tradisional, Suling
Tambur (drum tradisional)

Kuliner di Raja Ampat
Untuk Makanan saat berwisata di raja Ampat anda dapat menemukan makanan tradisional khas papua seperti hidang ikan soup kuning yang merupakan makan khas kepulauan ini dan beragam hidangan laut. Umumnya untuk makanan telah disediakan oleh penyedia jasa tour dan travel.

Tips dan Informasi Wisata Raja Ampat

Tips Berwisata ke Raja Ampat
  1. Peralatan dive telah disediakan anda bisa menyewanya disini tanpa perlu membawa dari rumah
  2. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Raja Ampat adalah Bulan Oktober atau November karena lautnya tenang dan sempurna untuk tangkapan kamera Anda.
  3. Persiapkan kamera bawah laut atau pembungkus kamera khusus anti air. dan jangan lewatkan kesempatan untuk memotret keindahan alam laun raja ampat
  4. Bawalah sunblock, sunscreen, dan topi, juga kaos yang nyaman untuk cuaca pantai.
  5. Bawalah obat nyamuk dan obat anti malaria.
Pusat informasi Raja Ampat
Kantor Dinas Pariwisata Raja Ampat
Kampung Waisai, Kabupaten Waigeo Selatan
Kepala Bagian : Kalasina Rumbekwan
Staff: (+62) 81344422779

Mari kita isi liburan ke Raja Ampat tempat wisata di indonesia
Silakan Share / Bagikan melalui media sosial dibawah ini :