-->
Info Tempat Wisata

Tempat Wisata di Padang

Apa yang terlintas dipikiran anda ketika mendengar kata Padang ? nasi padang? cerita siti Nurbaya atau malah cerita rakyat si malin kundang? tak salah memang Padang terkenal dengan aneka kulinernya yang terkenal dengan cita rasanya yang pedas. Juga sangat kental dengan budaya melayu. Tapi kali ini kita tidak akan membahas lebih jauh tentang kuliner padang, dan Budaya melayu. Kali ini kita akan sedikit membahas tentang tempat liburan yang asyik dan menarik di padang dan sekitarnya.
Langsung saja inilah tempat wisata di padang.

museum adityawarman tempat wisata padang
tempat wisata padang - museum adityawarman

Tempat Wiata Menarik di Padang

Batik Tanah Liek Padang
Tempat Wisata di Padang yang lokasinya berada di Jalan Sawahan Dalam 33 berupa kerajinan batik Padang dengan pewarna tanah liat unik.

Pantai Aie Manih ( Pantai Air Manis )dan Batu Malin Kundang
Cerita rakyat tentang Malin Kundang seorang anak yang durhaka terhadap ibunya lalu di kutuk menjadi batu membuat Pantai Aie manih sangat populer. di pantai ini terdapat batu yang menterupai sebuah kapal lengkap dengala atributnya serta seonggok batu yang menyerupai orang sedang bersujud, penduduk setempat percaya itulah jelmaan dari malin kundang.

Bunker Jepang Gunung Padang
Tempat Wisata di Padang di kaki Gunung Padang, yang saya jumpai dalam perjalanan mendaki bukit ke Makam Siti Nurbaya.

Jembatan Siti Nurbaya
Jembatan Siti Nurbaya merupakan salah satu landmark kota padang sehingga orang mengatakan belum lengkap jika belum mengunjungi tempat ini. Jembatan sepanjang 60 meter ini menghubungkan kota tua Padang dengan Taman Siti Nurbaya (tempat Siti Nurbaya dimakamkan). Membentang gagah di Muara Batang Arau. Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah senja atau malam karena pada sat intulah kita dapat menikmati suasana yang sangat romantis dengan lampu - lampu yang indah dengan hembusan angin pantai hingga pemandangan lampu kapal di laut lepas. kita bisa melengkapinya dengan menikmati jagung bakar yang dijual di sisi jembatan

jembatan siti nurbaya padang wisata
jembatan siti nurbaya padang

Makam Siti Nurbaya Padang
setelah melalu jembatannya kita dapat menikmati saksi peninggalan cerita rakyat siti nurbaya di Gunung Padang, untuk mencapai tempat tersebut kita harus menapaki undakan Gunung Padang agar bisa melihatnya.

Gedung Bank Indonesia Padang
Tempat Wisata di Padang pada tepi Jembatan Siti Nurbaya, dengan gaya bangunan kolonial yang telah direnovasi ke bentuk aslinya.

Kelenteng See Hien Kiong Padang
Tempat Wisata di Padang di Kota Tua, didirikan 1905. Sebelumnya bernama kelenteng Kwan Im, berdiri 1861, namun terbakar.

Masjid Raya Ganting Padang
Mesjid tertua di kota padang ini terletak di Jalan Ganting yang merupakan masjid tertua di Kota Padang, dibangun pada 1810 dan masih terlihat dengan arsitektur aslinya.

Museum Adityawarman Padang
Nama Adityawarman diambil dari nama seorang Raja besar yang pernah berkuasa di Minangkabau, sezaman dengan Kerajaan Majapahit pada masa Patih Gajah Mada. Merupakan Museum Negeri Provinsi Sumatera Barat mulai dibangun pada tahun 1974 dan diresmikan pada tanggal 16 Maret 1977. Pada tanggal 28 Mei 1979 terletak Jl Diponegoro 10 padang.
Museum tersebut berfungsi sebagai tempat menyimpan dan melestarikan benda-benda bersejarah seperti cagar budaya Minangkabau, cagar budaya Mentawai dan cagar budaya Nusantara. sangat cocok untuk wisata keluarga.

Pantai Carolina Padang
obyek wisata pantai yang dengan fasilitas lengkap seperti; penginapan, cottage, restoran, panggung kesenian, dan taman bermain yang cukup luas. Terletak di Teluk Bungus, 25 km di selatan Kota Padang, dapat dicapai dengan taxi atau angkot jurusan Bungus. Dari Pantai ini wisatawan juga dapat menyewa motor boat atau perahu nelayan untuk pergi ke pulau-pulau karang yang berada di depannya.
Tempat Wisata di Padang dalam kawasan Teluk Bungus dengan pasir putih

Pantai Nirwana Padang
Tempat Wisata di Padang ini letaknya dekat dengan Pelabuhan Teluk Bayur atau hanya sekitar 14 Km ke arah Selatan dari pusat Kota Padang menuju Kabupaten Pesisir Selatan. disini kita bisa menikmati pantai pasir putih, diteduhi pohon kelapa, dengan pemandangan kapal tradisional.

Pantai Padang
pantai padang sering juga di sebut dengan TAPLAU ( TAPI LAUIK ).
saat malam menjelang pantai ini biasanya ramai dipadati muda - mudi sambil menikmati jagung bakar atau pisang bakar
Tempat Wisata di Padang di pinggir kota, dengan panorama matahari senja indah, warung, penjual telur penyu, dan cafe.

Pelabuhan Penyeberangan Teluk Bungus Padang
Tempat Wisata di Padang yang berada diantara Pantai Nirwana dan Pantai Carolina. Suasana sangat sepi ketika saya di sana.

Air Terjun Sarasah Banyak Gariang Padang
Tempat Wisata di Padang di Ulu Gadut, Desa Koto Baru, Limau Manis Selatan, Kec Pauh, di kaki Bukit Sarasah, dengan ketinggian 60 m. Jaraknya 2 km dari LIK Gadut, dan medannya tidak begitu sulit.

Air Terjun Sikayan Balumuik Padang
Tempat Wisata di Padang di Bukit Sarasah, Desa Koto Baru, Gadut, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kec Pauh, di punggung Bukit Barisan, 17 Km arah ke timur dari Kota Padang, dengan ketinggian 90 m.

Air Terjun Tiga Tingkat Padang
Tempat Wisata di Padang di desa Koto Lubuak Hitam, Cindakia, di kaki Bukit Barisan, di kawasan Bungus Teluk Kabung, sekitar 25 Km di Selatan Kota Padang.

Gunung Meru Padang
Tempat Wisata di Padang di pinggir jalan setelah melewati Pelabuhan Teluk Bayur, 12 km dari kota Padang. Monyet-monyet berjalan berseliweran di pinggir jalan, atau bergelantungan pada pohon.

Pulau Sikuai Padang
Tempat Wisata di Padang di Kec. Bungus Teluk Kabung yang merupakan pulau terbesar di pesisir barat Sumatera Barat, salah satu dari 19 pulau yang masuk wilayah Kota Padang.

Pantai Sungai Pisang Padang
Tempat Wisata di Padang yang merupakan daerah perlindungan laut dan kampung nelayan, dengan pantai pasir putih dan tebing, 30 menit dari Pelabuhan Bungus. Ke Pulau Sikuai hanya 10 menit.

Taman Hutan Raya Bung Hatta Padang
Tempat Wisata di Padang yang berada di daerah perbukitan, 23 Km arah ke Solok, dengan pemandangan berbagai jenis flora dan fauana, serta pemandangan ke arah laut.

Panorama Sitinjau Lauik
tempat wisata ini berada di kaki Gunung Talang. Gunung Talang sendiri adalah gunung yang berada paling dekat dengan Kota Padang dengan ketinggian 2690 meter DPL.
dari tempat ini kita bisa menikmati hamparan kota padang dan suguhan samudara hindia, apalagi disambil nyurumput teh hangat, atau secangkir kopi membuat kita berlama-lama disini, coba datang dan rasakan sendiri keindahannya

Pemandian Lubuk Minturun
berjalan dari mekah mini ke tas arah lubuk minturun, masih ada tempat objek wisata yaitu pemandian lubuk minturun. Cuma jarangan orang ke sini, apadahal di sini tempatnya sangat alami dan airnya langsung dari gunung, tanpa ada bahan2 lain 100% asli dari alam. Kalau anda berasal dari luar kota atau yang baru tinggal di kota padang, bagaikan sayur tanpa garam kalau belum mencoba mandi di pemandian lubuk minturun.

itulah Tempat Wisata di Padang yang bisa anda kunjungi untuki mengisi waktu liburan. terutama untuk merayakan tahun baru.
semoga membantu :)
Silakan Share / Bagikan melalui media sosial dibawah ini :