-->
Info Tempat Wisata

Panduan Wisata Pangandaran Lengkap

Panduan Wisata Lengkap Pantai Pangandaran
pantai pangandaran
Tempat Wisata Pantai pangandaran

Sekilas tentang Pangandaran

Pangandaran adalah sebuah Kabupaten termuda di Jawa Barat yang merupakan wilayah pemekaran dari Kabupaten Ciamis. Terletak di pesisir selatan Jawa Barat, sekitar 90 kilometer dari Ciamis dan 200 kilometer dari Bandung. Batas Wilayah Kabupaten Pangandaran adalah sebelah barat Kabupaten Tasikmalaya, sebelah utara kabupaten Ciamis, sebelah timur adalah Jawa Tengah dan sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia.

Daerah ini menyimpan banyak pesona wisata menarik yang wajib anda kunjungi, terutama wisata bahari dengan pesona pantai yang luar biasa. Hampir semua arena wisata telah tersedia dan dapat dinikmati disini, cocok untuk liburan keluarga dan jiwa muda yang hobi traveling.

Objek wisata yang bisa dinikmati di Pangandaran antara lain: matahari terbit dan terbenam Pantai Pangandaran (sunrise: pantai timur, sunset: pantai barat), Pasir Putih Pangandaran, Pantai Batu Hiu, Pantai Karang Tirta, Pantai Keusik Luhur, Pantai Karapyak, Pantai Batu Karas, Pangandaran Water park, Cagar Alam dan Taman Wisata Pananjung Pangandaran, Air Terjun Citumang dan Cukang Taneuh / Green Canyon.
Pangandaran sendiri sedang berbenah menjadi Kota wisata terbaik di indonesia.

peta wisata pasngandaran
Peta wisata Pangandaran
download peta wisata pangandaran ukuran besar disini


Akomodasi, transportasi, Penginapan, dan Hotel di Pangandaran

Rute dan transportasi menuju Pangandaran
Angkutan Umum
Jika anda mengunakan angkutan Umum maka bus adalah pilihan utama dengan tujuan trayek terminal pangandaran, Terminal pangandaran sendiri melayani rute antar propinsi: Jakarata – Bandung – Sukabumi – Bogor – Tanggerang – Depok – Cikarang – Merak – Bekasi – Kalideres. anda juga bisa menggunakan bus tujuan ciamis atau banjar selanjutnya dari ciamis ataudari banjar tersedia banyak pilihan angkutan yang bisa anda gunakan.

Kendaraan Pribadi
Jika Anda Menggunakan kendaraan Pribadi dari Jakarta maka rute yang ditempuh adalah Jakarta - Bandung - Ciamis - Pangandaran. Jika Anda datang dari Jawa tengah maka kota yang dituju andalah Banjar kemudian melanjutkan ke pangandaran.

Jalur Udara
Susi Air menyediakan jadwal penerbangan dari Jakarta ke Pangandaran. Ada penerbangan harian dari Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta ke Bandara Nusawiru di Pangandaran. Ini adalah cara tercepat dan paling nyaman untuk sampai ke Pangandaran.

Penginapan dan Hotel di Pangandaran
Jangan khawatir jika anda berwisata ke pangandaran anda akan mendapatkan berbagai pilihan penginapan dari mulai hotel berbintang lengkap sampai hotel kelas melati tersedia dengan variasi tarif. Anda juga bisa menyewa rumah penduduk yang sengajas disewakan untuk mengirit biaya akomodasi.

Beberapa Hotel di Pangandaran yang bisa dijadikan pilihan
  • Pantai Indah Resort Hotel, Jl. Kidang Pananjung No. 151,159 & 192 - Tlp:+62 (0265) 639004
  • Laut Biru Resort Hotel, Jl. E. Jaga Lautan No. 17 - 18 - Tlp: +62 (0265) 639360
  • Holiday Beach, Jl. Bulak Laut No. 50 - Phone: +62 (0265) 639285

Objek Wisata di Pangandaran
Pangandaran memang sedang bergerak menuju kota wisata bertaraf internasional, semua fasilitas telah tersedia disini dan masih akan terus dikembangkan. Berikut ini adalah beberapa tempat yang wajib anda kunjungi jika ke pangandaraan.

Pantai Pananjung (pantai Barat Pangandaran)
ini adalah tempat yang paling nyaman untuk liburan keluarga, disini anda bisa menikmati matahari terbenam (sunset), bermain sepuasnya dengan pantai yang bersih dengan air yang jernih seperti berenang, bodyboard, bersepeda, berkuda, atau menyewa ATV.

pantai pananjung pangandaran beach

Pantai Timur
Letaknya Tidak Jauh dari Pantai hanya Barat, waktu yang tepat untuk menikmati tempat ini adalah pagi hari disini anda bisa menikmati matahari terbit sambil menikmati aneka makanan dan sarapan pagi atau melihat kegiatan nelayan yang baru pulang berlayar di pagi hari. sedikit lebih siang anda bisa mencoba speed boat atau banana boat untuk menguji andrenalin anda, sayangnya disini tidak boleh berenang karena ombaknya yang cukup besar.

matahari terbit pantai timur pangandaran beach sunrise

Pasir Putih Pangandaran
Untuk mencapai lokasi ini anda harus menggunakan perahu mesin yang dapat disewa dari pantai Pananjung, pantai barat atau timur. Ini adalah spot menarik untuk anda yang hobi diving karena terdapat karang dengan biota lengkap nan indah dan dengan air yang sangat jernih. Kegiatan paling menarik disini adalah diving dan snorkling, bahkan merupakan salah satu tempat wisata snorkling terbaik di indonesia

Pangandaran Waterpark
Pangandaran Waterpark berada di pinggir pantai lembah puteri. lokasinya sekitar 5 kilometer sebelum masuk pintu wisata pangandaran, tepatnya dikecamatan Kalipucang. Waterpark menyediakan wahana wisata air yang lengkap dengan beberapa kolam besar dan lapangan khusus buat ATV track dan dibangun diatas lahan lebih dari 10 hektar.

Green Canyon - Cukang Taneuh
Green Canyon Indonesia ini terletak di Kecamatan Cijulang sekitar 30km dari pusat pangandaran. Green Canyon atau Cukang Taneuh merupakan aliran dari sungai Cijulang melewati goa dengan stalaktif dan stalakmit yang sangat cantik. pada kesempatan lain saya akan membahasnya secara khusus.

green canyon - cukang taneh pangandaran

Pantai Batu Hiu
Terletak di Kecamatan Parigi sekitar 14 km dari Pangandaran ke arah Selatan. dinamakan Batu Hiu karena sekitar 200 meter dari pinggir pantai terdapat seonggok batu karang yang menyerupai sirip ikan hiu.

Pantai Batu Karas
Batukaras Kecamatan Cijulang sekitar 34 km dari pusat kota Pangandaran. Kegiatan wisata yang dapat dilakukan selain berenang antara lain: berperahu di bengawan, berkemah dan berselancar

Pantai Karang Nini
Objek wisata ini terletak di Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang tempat wisata ini cocok untuk destinasi sebelum anda pulang. karena tempat ini berada di luar sebelum masuk ke kota pangandaran. Di pantai ini terhampar batu-batu karang yang salah satunya menyerupai seorang nenek (nini dalam bahasa Sunda) yang sedang menunggu si kakek, sehingga tempat ini dinamakan Pantai Karangnini.

Pantai Karapyak
Pantai Karapyak yang indah dengan deburan ombak yang tinggi dengan karang yang masih alami, letaknya tidak jauh dari Karang nini. Untuk menuju lokasi ini tidak begitu sulit, karena akses masuk ke sana sudah bagus, lengkap dengan penunjuk jalan. sayang tempat ini belum begitu tersentuh sehingga hanya disarankan bagi yang membawa kendaraan pribadi saja karena belum tersedia angkutan umum. kegiatan yang paling menarik disini adalah memancing

Wisata Kuliner dan Belanja
Wisata Belanja, souvenir / oleh - oleh pangandaran
Jangan lupa untuk berkunjung ke pasar wisata - pasar seni. Ada ada juga toko-toko suvenir di dekat pantai yang menjual t-shirt, celana pendek, Topi dan semua jenis pakaian renang. Mereka juga menyediakan berbagai kerajinan laut, seperti gelang dan kalung yang terbuat dari kerang laut, miniatur papan surfing dan semua jenis suvenir yang unik. Ada juga toko-toko yang menjual ikan asin seperti "Jambal Roti" ikan asin yang terkenal dari Pangandaran.

Kuliner
Jangan lupa untuk ke seafood center disana anda akan mendapatkan berbagai olahan laut yang diracik dengan bumbu spesial ditemani es kelapa muda sambil menikmati ombak yang menghantam karang di pinggir pantai timur, anda juga bisa memesan ikan segar yang langsung diolah ditempat, menarik bukan.

Tips Berlibur ke Pangandaran
  • Berenang hanya di daerah yang disarankan,
  • Di akhir pekan atau musim liburan tempat ini akan sangat ramai. hotel dan akomodasi lainnya biasanya penuh dipesan, jadi Anda lebih baik mengatur reservasi hotel jauh-jauh hari sebelumnya.
  • untuk menghemat anda bisa menggunakan rumah warga dengan fasiltas lengkap untuk menginap.
  • Jika anda berniat membeli ikan maka disarankan untuk pergi kepasar ikan atau langsung menuju nelayan bisa dipastikan kondisi ikan masih segar dan lebih murah tertunya.
  • Pada Bulan Juni - Juli ada Festival Layang-layang Internasional (Pangandaran International Kite Festival) dengan berbagai kegiatan pendukungnya.
Silakan Share / Bagikan melalui media sosial dibawah ini :