Tempat Wisata di Sumedang

Tempat Wisata di Sumedang

Berikut ini kami sajikan beberapa hal penting tentang Sumedang, mulai dari tempat wisata, kuliner, hotel penginapan juga dan hal menarik lainnya

para layang di kampung toga
Paralayang di Sumedang

Sekilas tentang Kabupaten Sumedang

Apa yang terlintas saat pertama kali mendengar kata sumedang ? apakah tahu Sumedang? tak salah memang karena sejak dari dulu Sumedang terkenal dengan produsen makan lokal khas indonesia itu.
Sumedang merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat. mempunyai moto Motto: TANDANG (Tertib, Aman, Nyaman, Damai, ANGgun). batas wilayah sumedang adalah Kabupaten Indramayu di Utara, Kabupaten Majalengka di Timur, Kabupaten Garut di Selatan, Kabupaten Bandung di Barat Daya, serta Kabupaten Subang di Barat.

logo sumedang
Logo Sumedang

Sejarah singkat Kabupaten Sumedang (dikutip dari situs resmi kabupaten sumedang )
Runtuhnya kerajaan Padjadjaran pada abad ke 16 erat kaitannya dengan perkembangan kerajaan Sumedang Larang, Pada waktu itu Sumedang Larang tidak ikut runtuh karena sebagian besar rakyatnya sudah memeluk Agama Islam yang datang dari arah timur, oleh karena itu pula pemegang pemerintahan kerajaan Sumedang Larang waktu itu adalah Pangeran Kusumahdinata yang berkuasa dari tahun 1530-1578, yang lebih dikenal dengan sebutan Pangeran Santri.

peta sumedang
Peta Sumedang

Berikut catatan sejarah yang melatarbelakangi terbentuknya Kabupaten Sumedang

  • Pada mulanya kabupaten Sumedang adalah sebuah kerajaan bernama Kerajaan Tembong Agung dengan rajanya bernama Prabu Galuh Hadji Adji Putih ( Adji Purwa Sumedang )
  • Pada masa pemerintahan Prabu Tuntang Buana yang juga dikenal dengan sebutan Prabu Tadjimalela, Kerajaan Tembong Agung berubah nama menjadi kerajaan Sumedang Larang
  • Kerajaan Sumedang Larang mencapai masa keemasan pada masa pemerintahan Pangeran Angka Widjaya atau dikenal dengan sebutan Prabu Geusan Ulun. Pada masa pemerintahan Prabu Geusan Ulun inilah diterapkan mulainya Sistem Pemerintahan Kabupaten
  • Pada tanggal 22 april 1579, Prabu Geusan Ulun dinobatkan menjadi Prabu Sumedang Larang oleh Prabu Siliwangi. Penobatan ini menjadi titik awal berkembangnya Kabupaten Sumedang sebagai sebuah pemerintahan yang memiliki otoritas penuh. Oleh sebab itu Tanggal 22 April ditetapkan menjadi hari jadi Kota Sumedang.

Tempat Wisata di Sumedang

Wilayah sumedang terdiri dari pegunungan berhawa sejuk dan sangat cocok untuk beragam perkebunan, salah satunya adalah perkebunan teh. keadaan alam ini pula yang membuat sumedang layak dijadikan tujuan liburan anda. selain itu sumedang juga syarat akan sejah dan budaya. Anda juga dapat menikmati wisata pendidikan di daerah jatinangor dimana terdapat banyak terdapat perguruan tinggi dan merupakan kawasan pendidikan, seperti Uiversitas Padjajaran (UNPAD) dan STPDN.
berikut beberapa tempat wisata sumedang yang kami rangkum dari berbagai sumber:

Tahu Sumedang
Jika anda penggemar kuliner maka tahu sumedang tidak boleh anda lewatkankan, tahu yang mempunyai ciri khas yang kering dan renyah diluar tetapi empuk dan tak berisi didalamnya. tahu sumedang sudah sangat terkenal keseluruh Indonesia. tahu sendiri bukanlah makanan olahan indonesia melainkan dari china, namun telah meraknya dan menjadi makanan khas indonesia.
tahu sumedang
GambarTahu Sumedang
Jika anda melewati kabupaten sumedang maka sepanjang jalan anda akan menemunukan para pedagang menjajakan tahu sumedang.

Cadas Pangeran
Jika Anda hendak kesumedang dari arah bandung sempatkanlah berhenti untuk sekedar beristirahat di tempat ini, selain karena udara yang sejuk dan memiliki pemandangan alam yang indah, cadas pangeran juga sangat menarik bagi suka anthrophology. Di sini pengunjung akan memperkenalkan jauh dengan lembah. Jalan ini adalah warisan dari dendels Jenderal yang masih memiliki kekuasaan di Sumedang saat era kolonial. Monumen dibangun untuk mengingat masa itu.

Gunung Kunci
di tempat ini para wisatawan dapat menemukan gua yang merupakan warisan dari kolonial Belanda. memiliki fungsi sebagai tempat bersembunyi kolonial pada masa itu. Sekarang gua itu menjadi tempat yang menarik untuk pariwisata di Sumedang.

Monumen Lingga Sumedang

Monumen Lingga
Monumen yang menjadi lambang Sumedang dibangun oleh Pangeran Siching dari belanda dan diresmikan pada tanggal 22 Juli 1922 oleh Mr D.Jenderal Folk untuk menghormati Pangeran Surya Atmaja untuk pengembangan wilayah Sumedang pada waktu itu.

Pemandian Air Panas Conggeang
ditempat wisata ini terdapat air panas alam dari Gunung Tampomas. Orang-orang percaya bahwa air panas bisa memulihkan penyakit kulit dan membuat sehat orang-orang yang mandi di daerah ini

Museum Prabu Geusan Ulun
Merupakan museum tempat disimpanya warisan budaya kerajaan sumedang larang. terletak di komplek bangunan pemerintahan kira-kira sebelah selatan alun-alun Sumedang dan merupakan sebuah musium keluarga yang dibangun pada tahun 1973.

Kawasan Wisata Kampung Toga
kampung toga adalah singkatan dari kampung tanaman obat-obatan. objek wisata yang Terletak 3 Km dari alun-alun Sumedang, merupakan objek wisata keluarga dengan lingkungan pegunungan yang indah dan nyaman, Cocok untuk pertemuan dan pesta.
Bentangan alam dengan ketinggian yang berbeda menjadikan kawasan ini memiliki wisata yang beraneka ragam. diantaranya di tempat ini tersedia fasilitas paraglaiding, gantole, Arung jeram, hiking, jogging, off-road, game war (paint ball / airsoft gun), horse riding, dll


Sebenarnya masih banyak tempat tempat wisata di Sumedang, mungkin pada kesempatan lain akan menjelaskanya secara rinci.
Suka / Bagikan :
iklan akan tampil disini