-->
Info Tempat Wisata

Tempat Wisata di Purwakarta

Sekilas tentang Kabupaten Purwakarta - Jawa Barat

Purwakarta merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat. terletak di Sebelah Utara Kabupaten Bandung. Batas - batas wilayah Kabupaten Purwakarta adalah Kabupaten Karawang di bagian Barat dan sebagian wilayah Utara, di bagian Utara dan sebagian wilayah bagian Timur berbatasan dengan Kabupaten Subang, serta Kabupaten Bandung di bagian Selatan, dan Kabupaten Cianjur di bagian Barat Daya.

Kabupaten Purwakarta berada pada titik-temu tiga koridor utama lalu-lintas yang sangat strategis, yaitu Purwakarta-Jakarta, Purwakarta-Bandung dan Purwakarta-Cirebon.
Kabupaten Purwakarta yg strategis ini merupakan openyangga kabupasten bandung yang menyediakan banyak lowongan pekerjaan.

logo purwakarta - lambang
Logo Purwakarta
Kabupaten Purwakarta memiliki motto Wibawa Karta Raharj yang dapat diartikan sebagai daerah yang terhormat/berwibawa, ramai/hidup, serta makmur atau sejahtera.

Objek Wisata di Purwakarta

Keadaan tofografi Purwakarta yang merupakan perbukitan ini menjadikan suasana yg sejuk. serta dataran rendah dan danau di sebelah barat laut juga menyimpan potensi objek wisata alam yang menjanjikan, berikut beberapa tempat Wisata di Purwakarta.

Wisata Alam di Purwakarta

Waduk Jatiluhur
wilayah ini adalah sebuah danau buatan yang berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) yang sumber airnya adalah sungai Citarum, daerah ini juga disebut dengan Bendungan Ir. H. Juanda. Waduk Jatiluhur juga dimanfaatkan sebagai tempat budidaya ikan keramba jaring apung yang menjadi daya tarik tersendiri.
Bagi yang hobi mancing mania maka Waduk Jatiluhur adalah Spot menarik untuk memancing ikan dan ikannya dapat langsung dibakar.

waduk jatiluhur purwakarta
waduk jatiluhur purwakarta

di sekitar area bendungan jatiluhur juga tersedia Sarana rekreasi dan olahraga air yang cukup lengkap seperti : dayung, perahu rakit, dan waterworld, juga tersedia wahana kegiatan outbond dan perkemahan yang letaknya diperbukitan diteduhi pepohonan.
untuk penginapan disekitar wilayah iini sudah tersedia hotel dan bungalow, bar dan restoran, gedung pertemuan dan playground. 

Waduk Cirata
satu lagi dana yang fungsinya sama dengan waduk jati luhur, selain sebagai tempat pembangkit listrik tenaga air / PLTA juga sebagai sarana rekreasi dan objek wisata alam yang menarik
waduk cirata
Waduk Cirata
Waduk Cirata juga sebagai tempat wisata pendidikan, namun objek wisata disini belum begitu tersentuh sehingga keindahan alamnya masih alami.

Situ Wanayasa
satu lagi danau yang ada di purwakarta. Situ Wanayasa merupakan sebuah danau (situ) alam dengan luas sekitar 7 hektar, dikelilingi pohon-pohon, bukit-bukit hijau,

Situ buleud
memang purwakarta kaya akan potensi wisata. situ ini terletak di pusat kota sehingga merupakan landmark Purwakarta. Konon Situ Buleud jaman dulu merupakan tempat mandi badak sehingga kini ada patung badak disekitar areaobjek wisata ini ini Situ Buleud menjadi tempat rekreasi, olah raga, dan belanja PKL pada saat hari minggu bagi penduduk Purwakarta.

Wisata Budaya di Purwakarta

Sentra Industri Keramik Plered
, sentra industri kerajinan tangan berupa keramik yang suda ada dan sudah terkenal sejak jaman dulu  ini menghasilkan keramik berkualitas diekspor ke manca negara. Jenis keramik yang dihasilkan antara lain gerabah, terakota dan porselen.

Industri Kain Songket, diproduksi oleh PT. Sinar sejak tahun 1956 untuk di ekspor ke Brunei dan konsumsi dalam negeri.

Wisata kuliner di Purwakarta
sate maranggi
sate maranggi
Sate Maranggi
bagi penggemar kuliner satena yang mempunya ciri khas bumbu kecapnya yang diolah hingga memiliki cita rasa unik-asam, manis, pedas adalah makanan yang wajib dicicipi saat berkunjung ke purwakarta.
Peuyeum bendul - Makanan olahan dari singkong yang merupakan khas Purwakarta

Selain yang disebutkan diatas sebenarnya purwakarta memiliki banyak sekali objek wisata yang menarik seperti: Desa Wisata Bojong, Air terjun Curug Cipurut, Sumber Air Panas Ciracas gunung parang, gua jepang, Wisata Alam Curug Cijalu dan m,asih banyak lainnya.
itulah sedikit informasi tentang tempat wisata di purwakarta jawa barat indonesia.
Silakan Share / Bagikan melalui media sosial dibawah ini :