Tempat Wisata di Sumatera Selatan

Sekilas tentang Sumatera Selatan

Sumatera Selatan merupakan sebuah Provinsi yang terletak di sebelah selatan Pulau Sumatera, Indonesia. Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan adalah Palembang. Batas - batas wilayah provinsi Sumatera Selatan adalah provinsi Jambi di utara, disebelah timur berbatasan dengan provinsi Kep. Bangka-Belitung, sementara provinsi Lampung adalah batas wilayah selatan dan Provinsi Bengkulu di sebelah barat.

Sumatera Selatan kaya akan sumber daya alam, seperti minyak bumi, gas alam dan batu bara. Selain itu ibu kota provinsi Sumatera Selatan, Palembang, telah terkenal sejak dahulu karena menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya.

jembatan Ampera Palembang Sumatera Selatan
jembatan Ampera Palembang Sumatera Selatan

sejarah singkat Sumatera Selatan
Kerajaan Sriwijaya tidak dapat dilepaskan dari Sumatera Selatan sejak berabad yang lalu hingga kini orang masih mengenalnya dengan sebutan Bumi Sriwijaya. karena erat kaitanya dengan kerajaan sriwijaya yang mempunyai priode keemasaan antara abad ke-7 hingga -12 Masehi,. di wilayah inilah pusat kerajaan Sriwijaya yang terkenal dengan kerajaan maritim terbesar dan terkuat di Nusantara. bahkan pengaruhnya sampai ke Madagaskar di Benua Afrika.

Sejak abad ke-13 sampai abad ke-14, wilayah ini berada di bawah kekuasaan Majapahit. Selanjutnya wilayah ini pernah menjadi daerah tak bertuan dan bersarangnya bajak laut dari Mancanegara terutama dari negeri China.

Pada awal abad ke-15 berdirilah Kesultanan Palembang yang berkuasa sampai datangnya Kolonialisme Barat, lalu disusul oleh Jepang. Ketika masih berjaya, kerajaan Sriwijaya juga menjadikan Palembang sebagai Kota Kerajaan.

Menurut Prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan pada 1926 menyebutkan, pemukiman yang bernama Sriwijaya itu didirikan pada tanggal 17 Juni 683 Masehi. Tanggal tersebut kemudian menjadi hari jadi Kota Palembang yang diperingati setiap tahunnya.

Tempat Wisata di Sumatera Selatan

Keadaan geografis yang merupakan pegunungan di sebelah barat dan pesisir pantai disebelah timur ternyata memiliki potensi tempat wisata menarik untuk dikunjungi seperti Sungai Musi, Jembatan Ampera, Pulau Kemaro, Danau Ranau, Kota Pagaralam dan lain-lain. kita juga dapat menikmati saksi sejarah kerajaan Sriwijaya yang pernah menjadi pusat perdagangan terbesar di asia tenggara.

untuk Wisata Kuliner Sumatera Selatan memiliki Makanan khas dan sangat beragam seperti pempek, model, tekwan, pindang patin, pindang tulang, sambal jokjok, berengkes dan tempoyak.

Tempat Wisata unggulan di Sumatera Selatan

1. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera adalah sebuah jembatan di Kota Palembang ibu kota Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Jembatan ini yang telah menjadi simbol dan lambang kota, terletak di tengah-tengah kota Palembang, melintasi Sungai Musi (salah satu sungai terbesar dan terpanjang di indonesia )menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir.
Landmark kota palrembang dan sumatera ini sangat indah jika dinikmati malam hari
sungai musi
Sungai Musi
2. Sungai Musi
Sungai adalah sebuah sungai yang terletak di provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Dengan panjang 750 km, sungai ini merupakan yang terpanjang di pulau Sumatera dan membelah Kota Palembang menjadi dua bagian. Jembatan Ampera yang menjadi ikon Kota Palembang pun melintas di atas sungai ini. Sejak zaman Kerajaan Sriwijaya hingga sekarang, sungai ini terkenal sebagai sarana transportasi utama bagi masyarakat. Sungai ini juga memiliki daya tarik wisata dan merupakan spot menarik untuk memancing ikan selain berlayar menggunakan berbagai jenis perahu terutama dimalam hari.


3. Danau Ranau
Danau Ranau Sumatera Selatan
Danau Ranau Sumatera Selatan

Danau Ranau merupakan danau terbesar ke dua di pulau Sumatera setelah danau Toba di sumatera Utara. Danau ini terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Provinsi Sumatera Selatan.

Secara geografis topografi danau Ranau adalah perbukitan yang berlembah hal ini praktis menjadikan danau Ranau memiliki cuaca yang sejuk. Danau terkenal sering para nelayan untuk mencari ikan seperti mujair, kepor, kepiat, dan harongan.

Tepat di tengah danau terdapat pulau yang bernama Pulau Marisa. Di sana terdapat sumber air panas yang sering digunakan para penduduk setempat ataupun para wisatawan yang datang ke pulau tersebut, terdapat air terjun, dan penginapan. Danau ini juga menjadi objek wisata andalan

4. Gunung Dempo

Gunung Dempo merupakan salah satu Gunung yang terletak di daerah Sumatera Selatan, lebih tepatnya Gunung Dempo terletak di daerah Pagar Alam. Gunung Dempo merupakan salah satu gunung yang dijadikan sarana untuk pendakian gunung bagi para pendaki, selain itu di kaki Gunung Dempo terdapat banyak kali kebuh the yang sangat hijau.
gunung dempo dan pagaralam
Gunung Dempo Pagaralam

5. PAGARALAM
Terletak di kakai Gunung dempo, kota ini menyinpan potensi wisata yang sangat menakjubkan. Dengan hamparan perkebunan teh yang menghijau, Pagaralam memiliki iklim yang sangat sejuk sepanjang tahun. Selain itu, terdapat banyak air terjun yang menambah asri pemandangan. Di daerah ini juga ditemukan situs purbakala yang berusia ribuan tahun.

6. Air Terjun bidadari

Air Terjun Bidadari terletak di kecamatan karang dalam lahat, yang dimana Air Terjun Bidadari ini kononya dikatakan bahwa Air Terjun ini merupakan tempat mandinya para bidadari.



Wisata Sejarah di Sumatera Selatan
1. SITUS SRIWIJAYA
lokasi di kelurahan Karang Anyar Kec. Ilir Barat Kodya Palembang. Diresmikan pada 22 Desember 1994 dengan peletakan kembali replika Prasasti Kedukan Bukit. Prasasti tersebut menceritakan dua laksa balatentara Srijayanasa membangun Wanua Sriwijaya pada Tahun 606 Saka (684 Masehi) di kaki Bukit Siguntang.

2. Benteng kuto besak dan Museum Sultan Mahmud Baharudin II

Benteng Kuto besak dan Museum Sultan Mahmud Baharudin II merupakan salah satu peninggalan sejarah dari kerajaan Palembang, yang dimana terletak di kota Palembang dan juga kedua objek ini terletak berdekatan dengan jembatan Ampera. Di dalam museum Sultan Mahmud Baharudin II, kita dapat melihat beberapa peninggalan dari kerajaan Palembang yang dulu dipinpin oleh Sultan Mahmud Baharudin II, sedangkan Benteng Kuto Besak terdapat juga beberapa peninggalan dari kerajaan Palembang juga dan Belanda ketika menduduki kawasan Palembang pada zaman penjajahan.

Wisata Belanja dan cinderamata Sumatera Selatan

Produk Kain tenun Khas Kerajinan Sumatera Selatan
kain songket palembang
Kain Songket
Sumatera terkenal dengan produk kain tenunya yang sudah ada sejak dahulu salah satunya adalah KAIN SONGKET yang Merupakan kain tenunan khas Sumatera Selatan terbuat dari benang mas yang didatangkan dari Cina dan Singapura, kain songket tidak dibuat dalam pabrikan namun ditenun dengan tangan oleh pengrajin tradisional. Kain songket sangat lazim dipakai pada acara adat dan acara resmi lainnya seperti perkawinan, khitanan serta berbagai tarian khas. Kain songket mempunyai banyak motif dan warna, umumnya berwarna cerah yang menggambarkan keceriaan dan keriangan masyarakat Sumatera Selatan, motifnya antara lain motif kembang pacar cina dan motif jantung.
Selain itu terkenal juga beberapa kain khas seperti KAIN TAJUNG, KAIN BLONGSONG, KAIN JUMPUTAN

UKIRAN KHAS PALEMBANG
Biasanya terbuat dari kayu tembesu atau mahoni, kayu tersebut merupakan kayu khas Sumatera Selatan. Objek yang menjadi ukiran adalah rek pengantin, dipan, buffet dan kursi, umumnya ukirannya bermotif bunga dengan warna dominan merah dan kuning emas